Selasa, 27 Maret 2012

contoh laporan kegiatan pementasan drama


 


LAPORAN KEGIATAN
PEMENTASAN DRAMA “KARTINI BERDARAH”







Disusun Oleh:
EKA DEWI LESTARI (A1A006023)

PRODI BAHASA INDONESIA, SENI DAN SASTRA DAERAH
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS BENGKULU
2010




KATA PENGANTAR
            Puji syukur saya panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas Rahmat yang telah diberikan sehingga penulis dapat menyelesaikan Pementasan Drama “Kartini Berdarah”  yang dilaksanakan di Taman Budaya Provinsi Bengkulu. Sebagai bentuk pertanggungjawaban atas kegiatan yang telah penulis laksanakan.
            Dengan selesainya pementasan seni ini, maka izinkan saya mengucapkan terima kasih kepada:
1.      Orang Tua saya yang telah mendukung selama mempersiapkan kegiatan
2.      Bapak/Ibu guru yang telah membimbing
3.      Teman – teman seperjuangan di kelas
4.      Seluruh karyawan/wati di Prodi Bahasa Indonesia, Seni dan Sastra Daerah yang telah bekerja keras membantu tugas kami.
5.      Semua yang terlibat dalam pementasan drama, yang tidak dapat disebutkan satu persatu.
Penyusun menyadari bahwa laporan kegiatan ini masih jauh dari kesempurnaan, untuk itu kritik dan saran yang membangun sangat penulis harapkan.



Bengkulu, 22 September 2010


Penulis



DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI

BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
B.     Tujuan
C.     Manfaat
D.    Waktu Pelaksanaan Pementasan Drama “Kartini Berdarah”

BAB II DESKRIPSI HASIL PELAKSANAAN PEMENTASAN DRAMA
BAB III PENUTUP
A.    Kesimpulan
B.     Saran






BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Pementasan drama merupakan salah satu bagian dari kegiatan yang berhubungan dengan akademik dan mendukung proses belajar mahasiswa jurusan Bahasa Indonesia, Seni dan Sastra Daerah. Kegiatan ini dimaksudkan agar mahasiswa tidak hanya mendapat pengajaran dari kampus saja tetapi juga mengetahui dunia kerja yang akan mereka tempuh dan perlu mendapatkan pengalaman di luar kampus sebagai penyempurnaanya. Pelaksanaan pendidikan di dalam kampus dititikberatkan pada pengembangan kreativitas, pembekalan dasar keahlian dan pengembangan wawasan keilmuan akademik. Selain belajar dikampus kita juga dapat belajar di lapangan, dengan adanya kegiatan seperti ini mahasiswa jadi lebih mengetahui bagaimana situasi dibidang seni yang sebenarnya. 
Mahasiswa pada umumnya sebelum melakukan praktik pasti selalu didasarkan teori mata kuliah yang sudah diberikan oleh masing-masing dosen pengampu. Tidak hanya pintar diteori, namun mahasiswa juga harus bisa menerapkan teori-teori yang sudah diberikan melalui praktik yang dapat dilakukan dimana mahasiswa menimba ilmu, dalam hal ini adalah mahasiswa jurusan Bahasa Indonesia, Seni dan Sastra Daerah. Selain mendapat teori dikelas dari dosen, buku, dan lain sebagainya mahasiswa diasah kemampuannya untuk dapat mempraktikan masing-masing teori dari beberapa mata kuliah yang mahasiswa tempuh melalui tugas-tugas.

B.     Tujuan
Kegiatan Pementasan Drama “Kartini Berdarah” bertujuan:

1. memperlihatkan mahasiswa tentang kreativitasnya dibidang seni drama
2.      memberikan wawasan dan pengetahuan kepada mahasiswa tentang pentinganya seni drama dalam pengajaran
3.     sebagai studi komparasi mahasiswa terhadap teori-teori yang didapat di kampus dengan praktik yang sebenarnya
4.      mengoptimalkan kemampuan mahasiswa dalam praktik lapangan pada sebuah pementasan drama
C.    Manfaat
Kegiatan Studi Lapangan ke Stasiun Televisi Nasional Metro TV, RCTI dan PH Diwangkara di Jakarta bermanfaat:

1.        Sebagai usaha menambah pengalaman bagi mahasiswa  dibidang seni
2.        Menambah pengetahuan mahasiswa tentang pementasan drama
.
D.     Waktu Pelaksanaan Study Lapangan
Pementasan drama telah dilaksanakan pada tanggal 20 Oktober 2010, pukul 20.00 s.d. 21.30 WIB

E.     Program Kegiatan
Pementasan drama yang berjudul “Kartini Berdarah” 


BAB II
DESKRIPSI HASIL PELAKSANAAN
PEMENTASAN DRAMA
           
Pementasan drama “Kartini Berdarah” telah dilaksanakan pada tanggal 20 Oktober 2010, pukul 20.00 s.d. 21.30 WIB, di Taman Budaya Provinsi Bengkulu, diperankan oleh mahasiswa jurusan Bahasa Indonesia, Seni, dan Sastra Daerah, FKIP, Unib di antaranya
1.      Eka Dewi Lestari
2.      Harlen Yanita
3.      Anggi Ermanita
4.      Dina Mariana
5.      Fanya Puspitasari
6.      Rita Maryani
7.      Astri Ningsih
8.      Meria hastuti

dan disutradarai oleh seniman dari sanggar Teater Catur yang bernama Edi Pustika. Selama pementasan berlangsung hampir tidak ditemui kendala karena pementasan drama telah dipersiapkan selama satu bulan dengan latihan yang dibimbing oleh sutradara. Pementasan drama “Kartini Berdarah” akhirnya berhasil mengundang penonton hingga lebih dari seratus orang dan mereka sangat antusias menyaksikan pementasan drama.
Pementasan drama “Kartini Berdarah” diharapkan bermanfaat bagi mahasiswa. Secara khusus mahasiswa merasakan adanya sebuah motivasi yang besar suatu saat setelah lulus dari Prodi Bahtra ’06, FKIP, Unib. Melalui kegiatan pementasan drama di taman budaya Provinsi Bengkulu maka, penulis bias menguasai seni tidak hanya melalui teori, tetapi juga praktiknya.

BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Setelah pelaksanaan pementasan drama “Kartini Berdarah” ini, penulis medapat banyak pengalaman dan kesimpulan dari kegiatan tersebut. Yaitu agar mahasiswa mengetahui bagaimana dunia kerja diindustri pertelevisian, dan mendapat banyak pelajaran yang tidak terdapat pada perkuliahan biasanya.
Pelaksanan Study Lapangan ini telah memberikan banyak sekali pengalaman bagi mahasiswa tentang dunia kerja pertelevisian, mulai dari pra produksi, produksi dan pasca produksi yang ada distasiun televisi. Pengalaman ini menjadi bahan baru bagi penulis untuk melengkapi teori-teori yang telah didapatkan dikampus.

B.     Saran
Saran untuk mahasiswa Jurusan Bahasa Indonesia, Seni, dan Sastra Daerah, FKIP, Unib
a.       setiap akan melakukan pementasan drama atau pementasan seni lainnya hendaknya melakukan persiapan sehingga apayang dipentaskan mampu menghibur penonton
b.      Mengaktifkan kembali kegiatan mahasiswa melalui pegelaran atau pementasan seni sebagai media pembelajaran dan praktik mahasiswa.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar